CIKIBUNG SEBAGAI PADUAN TRADISI SENI DENGAN RAGAM PERMAINAN MENARIK

“CIKIBUNG”, begitulah masyarakat kami menamai pagelaran tradisi seni yang melibatkan masyarakat dalam memainkan ragam permainan menarik ini. Paduan dari seni nada musikal sebagai pengiring, Kepala Adat (Pembawa Acara) sebagai pengatur, serta masyarakat sebagai penikmat sekaligus peserta dari tradisi ini, menjadikan satu kesatuan khusus yang terpadu sehingga menjadikan Cikibung sebagai Tradisi Seni yang didalamnya menyajikan permainan menarik sebagai pelengkap.

Pewaktuan diadakannya pagelaran ini dilakukan ketika ada peringatan hari-hari besar seperti Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia dan Peringatan Hari Besar Nasional lainnya. Hal ini dilakukan sebagai bentuk partisipan dan juga rasa syukur terhadap kondisi dan untuk momen tertentu sehingga jalinan silaturahmi dan sosial dapat terjalin dengan baik antara satu sama lain.

Pagelaran seni ini tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa, tetapi ini mencakup semua kalangan dengan tujuan tidak ada perbedaan usia sebagai penghalang gelaran tersebut. Penyesuaian peserta bisa dilihat dari momen apa yang sedang berlangsung.

Selain dilakukan di wilayah sekitar Desa Rajamandala kegiatan ini juga terkadang dilakukan ditempat lain dikarenakan Tim Kreatif membuka pagelaran ini secara umum, sehingga pemanfaatan dari fungsi pagelaran ini dapat dirasakan tidak hanya oleh warga desa itu sendiri tetapi juga untuk masyarakat umum.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan