PERMAINAN TRADISIONAL ANAK SEBAGAI PELENGKAP HIBURAN DAN KESERUAN

Permainan tradisional anak merupakan hasil dari penggalian budaya sendiri dimana dalam permainannya menyajikan kesederhanaan dan didalamnya mengandung nilai-nilai pendidikan karena dalam kegiatan permainannya memberikan rasa senang, gembira, ceria pada anak yang memainkannya. Selain itu permainannya dilakukan secara berkelompok sehingga menimbulkan rasa demokrasi antar teman main.

Terkhusus mengenai ragam permainan yang sering anak-anak lakukakan di Desa Rajamandala yakni sebagai berikut:

  1. Layang-layang

Permainan tradisional yang paling populer di Desa Rajamandala dikalangan anak-anak adalah permainan Layang-layang. Layang-layang atau biasa disebut dengan layangan merupakan lembaran bahan tipis berkerangka yang diterbangkan ke udara dan terhubungkan dengan tali atauvbenang ke daratan atau pengendali. Layang-layang memanfaatkan kekuatan hembusan angin sebagai alat pengangkatnya dan dikenal luas di seluruh dunia sebagai alat permainan.

      2. Panggal

Gambar Permainan Panggal

Panggal atau gasing ini biasanya dimainkan oleh laki-laki, baik anak-anak maupun orang dewasa. Tempat untuk bermain panggal/gasing dilakukan di halaman yang cukup luas. Waktunya pada pagi hingga sore hari, Permainan ini bisa dilakukan oleh sendiri atau banyakan. Semakin banyak pemain, semakin seru permainannya.

      3. Ucing-ucingan

Gambar Permainan Ucing-ucingan

Permainan Ucing-ucingan merupakan permainan menarik lainnya bagi anak-anak selain dapat menghibur juga bermanfaat untuk menentukan perasaan melihat kondisi sekitar. Umumnya permainan ini harus dilakukan oleh kelompok, tidak bisa dilakukan oleh individu karena menyangkut permainan yang membutuhkan kontak antara satu sama lain.

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan