Budidaya Ayam Pelung Sebagai Cara Mencegah Kepunahan

Ayam pelung merupakan jenis ayam lokal yang dikembangkan di kabupaten Cianjur, Sukabumi dan Tasikmalaya Jawa Barat. Budidaya ayam pelung sendiri dilakukan dengan tujuan untuk menghindarkan dari kepunahan dan dapat menghasilkan keturunan ayam pelung yang berkualitas.

Gambar Pembudidayaan Ayam Pelung

Namun untuk sekarang masyarakat pada umumnya kurang partisipan terhadap pembudidayaan ayam pelung tersebut dikarenakan kesadaran yang kurang terhadap pelestarian hewan yang ada. Kecenderungan masyarakat yang kurang sadar terhadap pelestarian hewan tidak menjadi hambatan bagi masyarakat  Desa Rajamadala tepatnya di Kampung Cikadu Rt/Rw 005/003, dimana masyarakat lebih antusias terhadap pembudidayaan ayam pelung sebagai cara untuk mencegah dari kepunahan. Hal ini dapat diliat dari aktifitas kegiatan masyarakat tersebut yang merencanakan program seperti mengadakan kontes ayam pelung, melakukan vaksin terhadap ayam pelung, dan memberikan wawasan tentang pembudidayaan ayam pelung terhadap generasi muda yang ada diwilayah tersebut.

Gambar Sosialisasi Budidaya Ayam Pelung 

Kegiatan tersebut menjadi acuan yang positif sebagai contoh untuk pihak lain dalam membudidayakan ayam pelung, langkah tersebut dilakukan agar supaya generasi muda lebih partisipan terhadap pembudidayaan hewan terkait ayam pelung.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan