Pengolahan Lahan Pertanian Ramah Lingkungan dan Efisien

Gambar Pengolahan Tanah Efisien dan Ramah Lingkunan

Musim yang telah berganti mengharuskan mayoritas para pertani mengolah kembali lahan pertanian yang mereka miliki. Keragaman cara yang petani lakukan sangatlah bervariatif untuk pengolahan tanah pertanian dari mulai menggunakan alat sederhana/tradisional maupun menggunakan alat yang modern.

Gambar Petani Membajak Sawah dengan Kerbau

Sebagian besar para petani di Desa Rajamandala masih menggunakan alat pengolahan tanah yang sederhana/tradisional seperti menggunakan pemanfaatan kerbau dan juga cangkul, hal itu terlihat dari salah satu warga Desa Rajamandala bernama Bapak Maman yang masih memanfaatkan alat tersebut karena dinilai alat tersebut ramah lingkungan dan sederhana, meskipun waktu yang ditempuh tergolong agak lama namun masyarakat lenih menilai fungsi ramah lingkungannya.

Gambar Penanaman Padi Dari Hasil Pengolahan Tanah Tradisional

Cara pengolahan tanah yang dilakukan para petani masyarakat Desa Rajamandala, dinilai sangat objektif untuk mengurangi polusi udara serta mengedepankan kesederhanaan dan tradisional dalam menggunakan alat yang dipakai dalam proses pengolahan tanah dalam sektor pertanian.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan