Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Rajamandala, 08 Oktober 2019 Banyak ditemukan Masyarakat Desa yang menggunakan Daun Pepaya sebagai herbal untuk penyembuhan berbagai macam penyakit selain digunakan dikonsumsi sebagai lalaban. Rasa pahit pada berbagai jenis makanan memang membuat sebagian orang menghindarinya. Padahal, rasa pahit yang terkandung dalam makanan tersebut terkadang mengandung zat yang baik bagi tubuh. Sebagaimana rasa pahit pada daun pepaya. Meskipun rasa pahit pada bahan ini dapat diatasi saat mengolahnya menjadi sayur, sehingga banyak yang menyukainya. Rasa pahit di balik daun dan pepaya inilah yang menyimpan segudang khasiat daun pepaya yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh.

Berdasarkan sebuah penelitian, kandungan daun pepaya memiliki Tocophenol sebanyak 35 mg dalam setiap 100 mg. Sedangkan pada daun pepaya yang masih muda terkandung enzim papain. Enzim ini biasanya identik dengan getah berwarna putih kental yang berfungsi untuk memecah protein, karena bersifat proteolithik.

Sedangkan pada daun pepaya tua mengadung senyawa fenolik. Namun secara umum daun pepaya mengandung papain 10 %, khimoprotein 45 %, dan lisozim 20 %. Enzim khimoprotein akan berfungsi sebagai katalisator dalam reaksi hidrolisis antara protein dan poplipetida. Sedangkan enzim lisizim merupakan zat antibakteri yang bekerja dengan cara memecah dinding sel bakteri.

Sementara itu, rasa pahit daun pepaya disebabkan oleh kandungan alkaloid karpain yang sangat efektif digunakan untuk menurunkan demam, mereduksi tekanan darah, dan membunuh mikroba seperti amuba.

Gambar Daun Pepaya.

Berikut beberapa manfaat Daun Pepaya untuk kesehatan : ‘

  1. Sebagai penambah nafsu makan
  2. Melancarkan ASI
  3. Memperkuat tulang dan gigi
  4. Mengobati nyeri haid
  5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  6. Mengatasi tekanan darah tinggi
  7. Membantu pertumbuhan rambut
  8. Dll.

Demikian beberapa manfaat Daun Pepaya ditinjau dari segi kesehatan, meskipun rasa tidak bersahabat namun hasiat atau kemanfaatannya sangat berlebih, maka dari itu tak heran banyak masyarakat yang mencari dan menggunakan Daun Pepaya sebagai obat herbal untuk menyembuhkan penyakit terkait.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan