Bebek Karangiuh sebagai Prodak sekaligus Potensi Desa Rajamandala

TASIKMALAYA, rajamandala.sideka.id – Kegiatan ternak pada dasarnya terbagi menjadi dua golongan yakni peternakan hewan besar seperti sapi, kerbau dan kuda sedangkan untuk kelompok kedua yakni peternakan hewan kecil seperti ayam, kelinci, bebek, angsa dan hewan ternak lainnya, sementara bebek merupakan jenis hewan unggas yang senang melakukan aktifitas di tempat yang banyak mengandung air seperti sungai, danau atau sawah. Bentuk paruh pada bebek yang memang dapat beradaptasi untuk lebih mudah mendapatkan makanan dari tempat yang berair seperti ikan, cacing, keong ataupun hewan air lainnya.

Bebek adalah hewan ternak yang sangat mudah untuk di pelihara terutama untuk wilayah pedesaan, karena makanan dan tempat tinggal bebek tidak terlalu khusus dan bisa diambil dari bekas makanan orang seperti nasi bekas atau lauk yang sudah tidak dapat dimakan. Suatu kegiatan usaha agribisnis seperti peternakan musti mempunyai tujuan yang bermanfat untuk pelaku peternak. Sebagai evaluasi kegiatan yang dilakukan selama beternak salah atau contoh yang benar tujuan dari peternakan yakni tujuan komersil sebagai suatu cara untuk memperoleh keuntungan.

Ternak bebek merupakan salah satu minoritas mata pencaharian masyarakat khususnya di Kampung Karangiuh Rt/Rw 001/005 Desa Rajamandala, usaha tersebut dinilai sangat berpotensi karena daging bebek merupakan salah satu makanan yang cukup sering dikonsumsi serta digemari oleh orang-orang dan bebek juga bisa menghasilkan telur yang bisa dijual dan bisa dijadikan sebagai telur asin.

Gambar Ternak Bebek Sebagai Potensi Usaha Masyarakat Desa Rajamandala DOK.SIDEKA.ID journalisfree

Widiyana Hilmi sebagai salah satu peternak muda bebek di Desa Rajamandala terbilang sangat sukses dalam menjalankan usahanya tersebut yang dimulai sejak tahun 2010 silam sampai sekarang. beliau menilai bahwa sebenarnya prospek dari usaha ternak bebek ini sangat menjajikan sebagai potensi usaha bagi masyarakat, namun kurangnya pengetahuan tentang tata cara ternak bebek menjadikan masyarakat tidak punya ketertarikan terhadap usaha tersebut.

Dalam proses ternak bebek yang baik, perlu diperhatikan mengenai tempat/kandang yang dibuat serta  kesesuaian antara ukuran dan juga batas jumlah bebek harus diperhatikan. selain itu bibit dan pemberian pakan juga berpengaruh terhadap tingkat perkembangan bebek tersebut sehingga menghasilkan bebek yang berkualitas.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan