Sosialisasi dan Pemutakhiran Data terkait Kepemilikan BPJS Kesehatan Secara Langsung

TASIKMALAYA, rajamandala.desa.id – BPJS Kesehatan merupakan penyelenggara program jaminan sosial di bidang kesehatan yang merupakan salah satu dari lima program dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN), yaitu Jaminan Kesehatan, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun, dan Jaminan Kematian sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.

BPJS Kesehatan juga menjalankan fungsi pemerintahan (governing function) di bidang pelayanan umum (public services) yang sebelumnya sebagian dijalankan oleh badan usaha milik negara dan sebagian lainnya oleh lembaga pemerintahan. Gabungan antara kedua fungsi badan usaha dan fungsi pemerintahan itulah, yang dewasa ini, tercermin dalam status BPJS Kesehatan sebagai badan hukum publik yang menjalankan fungsi pelayanan umum di bidang penyelenggaraan jaminan sosial nasional.

Selanjutnya mengenai kegiatan Sosialisasi dan Pemutahiran Data yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan Tasikmalaya untuk masyarakat Desa Rajamandala, dilakukan pada Kamis, 07 November 2019 bertempat di Gor Satria Mandala Desa Rajamandala yang diikuti oleh hampir seratus lima puluh lebih Kepesertaan BPJS yang ikut serta dalam kegiatan tersebut bahkan yang belum memiliki pun ikut serta untuk mendaftarkan diri sebagai kepesertaan.

Dari hasil Kegiatan Sosialisasi dan Pemutakhiran Data yang dilakukan, banyak ditemukan Kepesertaan yang identitasnya ditemukan tidak sesuai dengan identitas yang ada di KTP dan juga Kartu Keluraga sehingga harus ada pembenahan atau perubahan data identitas yang dilakukan.

Berikut Gambar Kegiatan Sosialisasi dan Pemutakhiran Data yang dilakukan di Desa Rajamandala :

Gambar Kegiatan Sosialisasi dan Pemutakhiran Data Kepesertaan BPJS Kesehatan Masyarakat Desa Rajamandala. DOK.desa.id freejournalism

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan