Pemanfaatan Halaman Desa Sebagai Penghijauan sekaligus Apotek Hidup

TASIKMALAYA, rajamandala.desa.idApotek Hidup merupakan memanfaatkan sebagian lahan atau pekarangan rumah untuk ditanami tanaman-tanaman obat dalam memenuhi kebutuhan kesehatan tubuh sehari-hari. Indonesia termasuk negara yang kaya akan sumber daya alam termasuk pengobatan tradisional melalui tumbuhan. Pengobatan secara alamiah melalui tanaman tidak mengakbitkan efek samping.

Tujuan utama pembuatan apotek hidup ialah sebagai sarana penyediaan beragam jenis tanaman obat dalam mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit dalam tubuh. Namun selain itu, hal ini juga sebagai tindakan menjaga warisan kebudayaan pengobatan tradisional para nenek moyang terdahulu yang kemudian diwariskan kembali ke generasi berikutnya.

Terkait dengan pemanfaatan lahan serta pembuatan apotek hidup Desa Rajamandala menjadikan halaman Desa sebagai lahan atau area penghijauan yang dapat dimanfaatkan untuk hiasan, serta untuk tumbuhan yang masuk kategori tanaman apotek hidup dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan.

Langkah ini sebagai pemacu masayarakat Desa supaya sadar diri mengenai pemanfaatan lingkungan sekaligus mengetahui makna pentingnya kesehatan. Dan untuk kedepannya seruan untuk pemanfaatan lahan untuk pengadaan apotek hidup akan di kembangkan di masyarakat Desa Rajamandala sepenuhnya.

Berikut gambar pemanfaatan lahan yang ada dilingkungan Desa Rajamandala:

Gambar Pemanfaatan Lingkungan di Halaman Kantor Desa Rajamandala DOK.DESA.ID 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan