Ruang Pelayanan Pusat Kesejahteraan Sosial (PUSKESOS) Bhakti Mandala Desa Rajamandala

RAJAMANDALA.DESA.ID – Desa Rajamandala merupakan satu dari delapan desa yang ada di Kecamatan Rajapolah yang mendirikan Lembaga Pusat Kesejahteraan Sosial (PUSKESOS) sebagai Lembaga Pelayanan Masyarakat terkait perlindungan sosial/ PMKS. Lembaga ini didirikan pada Desember 2019 yang beranggotakan 5 (lima) orang terdiri dari Penanggung jawab, Ketua, Front Office, Fasilitator dan Back Office. Pusat Kesejahteraan Sosial di desa Rajamandala sendiri di namai Bhakti Mandala berdasarkan penamaan yang disetujui oleh beberapa pihak diantaranya pihak BPD, LPM dan Pemerintah desa Rajamandala itu sendiri.

Puskesos merupakan lembaga yang dibentuk oleh desa/kelurahan untuk memudahkan warga miskin dan rentan miskin menjangkau layanan perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan, baik yang dikelola pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota, pemerintah desa/kelurahan dan swasta.

Puskesos adalah miniatur dan perpanjangan tangan SLRT di level desa/kelurahan. Pemerintah desa/kelurahan diharapkan menyediakan kontribusi natura dan anggaran Puskesos untuk mendukung pelaksanaan Puskesos.

Sekretariat Puskesos bertanggung jawab atas pelayanan perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan di tingkat desa/kelurahan dengan tugas-tugas sebagai berikut:

  1. Menyusun rencana kegiatan dan anggaran kegiatan Puskesos melalui Alokasi Dana Desa (ADD) atau DD (Dana Desa).
  2. Mendukung dan memfasilitasi pemuktahiran Data Penerima Manfaat di tingkat desa/kelurahan melalui Musyawarah Desa/Kelurahan yang dilakukan minimal setahun dua kali.
  3. Mencatat keluhan penduduk miskin dan rentan miskin ke dalam sistem aplikasi Puskesos yang terhubung dengan SLRT di tingkat Kabupaten/Kota.
  4. Melayani, menangani, dan menyelesaikan keluhan penduduk miskin dan rentan miskin sesuai kapasitas desa/kelurahan, Memberikan rujukan keluhan penduduk miskin dan rentan miskin kepada pengelola program/layanan sosial di desa/kelurahan atau di kabupaten/kota melalui SLRT.
  5. Membangun dan menindaklanjuti kemitraan dengan lembaga nonpemerintah termasuk pihak swasta melalui program CSR di desa/kelurahan (bila memungkinkan).
  6. Menyusun laporan kegiatan Puskesos untuk disampaikan kepada Sekretariat SLRT Kabupaten/Kota dan OPD terkait.

Dengan adanya kelembagaan PUSKESOS di Pemerintah Desa diharapkan mampu menjadi wadah dalam uapaya pelayanan perlindungan sosial untuk masyarakat baik dalam aspek kesehatan, pendidikan ataupun sosial ekonomi lainnya.

Berikut Gambar Ruang Pelayanan PUSKESOS Bhakti mandala Desa Rajamandala :

Ruang Pelayanan Pusat Kesejahteraan Sosial Bhakti Mandala Desa Rajamandala

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan