Penandatanganan Kerjasama Program SMK Membangun Desa Antara SMKN 1 Rajapolah dengan Pemerintah Desa Rajamandala

RAJAMANDALA.DESA.ID – Program SMK Membangun Desa menjadi salah satu program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam menjalankan kebijakan Revitalisasi SMK. Sebagai tindak lanjutnya, Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kemendikbud bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menggelar Koordinasi Penguatan Peran SMK dalam Pembangunan Pedesaan. Berangkat dari program tersebut Desa Rajamandala merupakan satu dari delapan desa yang ada di Kecamatan Rajapolah yang mengikuti Progrma SMK Membangun Desa, dimana penandatanganan Kerjasama Program tersebut dilakukan pada Hari Kamis Tanggal 28 Januari 2020 bertempat di Gor Satria mandala Desa Rajamandala.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Desa Rajamandala beserta Prangkat Desa yang lain sebagai Mitra dari Program SMK Membangun Desa dan dihadiri keterwakilan dari SMKN Rajapolah yang berjumlah tiga orang.

Program SMK Membangun Desa sendiri memiliki dua program utama yang dicanangkan oleh Direktorat SMK, yaitu link and match antara SMK dengan dunia industri, serta pengembangan sumber daya manusia (SDM) SMK. Untuk mewujudkan link and match, supaya lulusan SMK bisa sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, maka kurikulum harus disesuaikan dengan kebutuhan industri. Merancang kurikulum harus dirancang bersama industri, serta yang paling penting adalah sumber daya manusia di SMK harus memiliki motivasi dan kemauan untuk melakukan terobosan. Selain itu, penguatan soft skill untuk peserta didik sangat penting, di samping hard skill. Guru-guru pun harus berinovasi dalam pembelajaran. SMK akan menjadi hebat jika pengelolanya mempunyai tim yang hebat.

Demikian dengan adanya Program tersebut diharapkan dapat menjadikan Program yang andal khusus  untuk para siswa-siswi SMK itu sendiri dan dapat dijadikan sebagai kegiatan lapangan dengan berbaur langsung dengan intansi Pemerintah setempat.

Berikut gambar-gambar Kegiatan Penandatangan Program SMK Membangun Desa :

Gambar Penandatanganan Program SMK Membangun Desa 

 

Gambar Penandatanganan Program SMK Membangun Desa 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan